Inggris Kembali Didakwa UEFA Akibat Ulah Suporter di Final Euro 2020

Inggris Kembali Didakwa UEFA Akibat Ulah Suporter di Final Euro 2020

Asosiasi Sepakbola Eropa sekaligus Penyelenggara Euro 2020 yakni UEFA memberikan dakwaan kepada Inggris terkait dengan ulah suporter mereka pada partai final Euro 2020 yang digelar di Stadion Wembley, London pada 12 Juli lalu.

Sebagaimana diketahui, para Suporter Tim Nasional Inggris memang begitu bersemangat ketika melihat pasukan Gareth Southgate berhasil melangkah ke babak final Piala Euro 2020 kemarin. Pertandingan final melawan Italia digelar di Stadion Wembley pada Senin dinihari WIB (12/07).

Pada awalnya, Timnas Inggris berhasil unggul lebih dulu lewat gol cepat Luke Shaw, namun skor 1-0 berubah menjadi 1-1 setelah Leonardo Bonucci mencetak gol balasan pada babak kedua. Kedudukan tetap bertahan, bahkan sampai babak tambahan waktu 2×15 menit.

Juara kemudian ditentukan lewat drama adu penalti, namun sayangnya tiga penendang Inggris gagal menjalankan tugasnya, sehingga trofi pertama sejak tahun 1966 pun melayang begitu saja.

DAKWAAN UEFA

Pertandingan yang berakhir adu penalti tersebut memang sangat menegangkan, tingkat keseruannya pun bertambah karena prilaku para suporter Timnas Inggris yang terus menyuarakan dukungan kepada Harry Kane dkk sejak menit pertama.

Sayangnya, tidak sedikit dari para suporter tersebut yang menciptakan kerusuhan, bahkan sejak sehari sebelum laga final digelar. Tak ayal, tingkah laku suporter Timnas Inggris berbuntut dakwaan dari UEFA, dimana ada empat poin yang didakwa, antara lain sebagai berikut:

  • Serangan suporter ke lapangan – Artikel 16(2)(a) dari Regulasi Disiplin UEFA
  • Lemparan benda dari suporter – Artikel 16(2)(b)
  • Gangguan yang disebabkan suporter saat lagu kebangsaan dinyanyikan – Artikel 16(2)(g)
  • Suporter menyalakan flare dan kembang api – Artikel 16(2)

MASUK TANPA TIKET

Selain ke empat dakawaan tersebut, kabarnya UEFA juga tengah menyelidiki tentang kelakukan suporter di dalam dan sekitar Wembley, termasuk soal banyaknya suporter tanpa tiket yang nekat menerobos ke Stadion.

Menurut informasinya, mereka berkelahi dengan petugas keamanan demi bisa menerobos masuk ke Stadion, kemudian duduk di Tribun yang sudah disiapkan untuk para penonton lain yang telah membayar tiket.

Share this post

Post Comment